Edutrend.id, Surakarta – Mahasiswa Praktik Pengalaman lapangan (PPL) Program Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adakan pelatihan berpikir komputasi melalui pendekatan CS-Unplugged bagi peserta didik SD Ngadirejo 1 Kartasura kelas V pada Senin, (11/11/2024).
Salah satu mahasiswa PPL, Isnaini Nur Ilma Fadilla mengungkapkan kemampuan problem solving merupakan salah satu skill masa kini yang perlu dimiliki oleh setiap orang guna menghadapi dunia yang semakin kompleks. Maka dari itu perlu untuk mengenalkan dan membangun kemampuan problem solving sejak usia sekolah dasar.
Kemudian, lanjutnya, pelatihan ini juga sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka yang mana pada peserta didik Fase C (Kelas 5-6) sudah seharusnya meraka dikenalkan dan mempelajari berpikir komputasi. Pelatihan ini dilaksanakan menggunakan pendekatan CS-Unplugged yang merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada konsep-konsep informatika tanpa menggunakan perangkat teknologi computer.
“Pelatihan dilakukan diluar kelas yang mana cocok dengan karakteristik anak SD yang gemar bermain dan beraktivitas di luar. Sebanyak 30 peserta didik dibagi menjadi enam kelompok, dan setiap kelompok akan bertanding untuk menyelesaikan games dan soal tantangan pada setiap pos. Terdapat 4 pos yaitu pos logic, pos abstraction, pos Algorithm, dan pos pattern,” terang Mahasiswa UMS itu.
Semua kelompok harus mengunjungi 4 pos tersebut agar misi mereka selesai yaitu mendapatkan tanda tangan dari penjaga pos dengan syarat mereka harus bisa menyelesaikan tantangan games dan soal-soal.
“Senang, dan aktivitasnya seru-seru karena bermain tapi juga sambil belajar”, terang salah satu peserta didik. Peserta didik lainnya juga menambahkan bahwa aktivitas seperti ini harus sering diadakan karena sangat menantang dan tidak bosan jika belajar diluar seperti ini tidak hanya di kelas selalu. Tri Istanti mahasiswa PPL PPG UMS berharap, kegiatan ini bisa terus berlanjut dan mampu berkolaborasi dengan bapak ibu guru lainnya agar berpikir komputasi juga bisa diintegrasikan di dalam pembelajaran kelas.
Penulis: Ahmad Luthfi